KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Jumat, 31 Maret 2017

FLS2N TAHUN 2017

Visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019 adalah “terbentuknya insan serta
ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong”. 

Dalam makna visi ekosistem pendidikan, terdapat 7 (tujuh) elemen yang terdiri dari: (1) Sekolah yang kondusif; (2) Guru sebagai penyemangat; (3) Orang tua yang terlibat aktif; (4) Masyarakat yang sangat peduli; (5) Industri yang berperan penting; (6) Organisasi profesi yang berkontribusi besar; (7)

Kamis, 30 Maret 2017

SUPERVISI AKADEMIK GURU KELAS V

Di dalam Peraturan Bersama Menteri Pendidikan Nasional dan KepalaBadan Kepegawaian Negara nomor
14 tahun 2010 tentang Petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya dijelaskan, Jabatan fungsional Guru adalah jabatan fungsional yang mempunyai ruang lingkup, tugas, tanggung jawab, dan wewenang untuk melakukan kegiatan mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang diduduki oleh Pegawai Negeri Sipil.

Senin, 27 Maret 2017

SUPERVISI AKADEMIK GURU KELAS II

Supervisi
Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan,
melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan anak usia dini pada jalur pendidikan formal yang diangkat sesuai dengan

Kamis, 23 Maret 2017

SUPERVISI AKADEMIK GURU KELAS I

Supervisi akademik guru kelas I
Kompetensi Kepala sekolah antara lain :
3.1 Merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
3.2 Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.
3.3 Menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.

Sabtu, 18 Maret 2017

MENGAIS DARI SAKU REKAN KERJA

Segelintir kebingungan yang melintas di hadapan
Sepenggal kisah kehidupan yang tak mampu dicernakan
Antara si mudah dan si susah dalam kehidupan
Antara si seret dan si lancar dalam pernapasan

Ku melambung tinggi di pegunungan yang jauh dari keramaian
Mendulang emas-emas permata menunggu polesan tangan

SEKOLAHKU

Kebahagiaan yang tiada terkirakan
Kegembiraan di sepanjang pekerjaan
Menelusuri dari sudut ke sudut sekolah yang kubanggakan
Menghiasi dengan penuh cinta dan keceriaan

Kuingin menghiasi dirimu bak putri istana walau di kejauhan
Kuingin memolesmu hingga cantik rupawan walau di pegunungan
Kuingin menyiramu dengan bunga-bungaan hingga penuh keharuman

Jumat, 17 Maret 2017

SARANA DAN PRASARANA


  1. Sarana adalah perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
  2. Prasarana adalah fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
  3. Perabot adalah sarana pengisi ruang.
  4. Peralatan pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
  5. Media pendidikan adalah peralatan

Rabu, 15 Maret 2017

DI ATAS KESOMBONGAN

Karena aku... aku... dan aku....
Kalau bukan akuuuu......dan aku.....
Sampai ke ujung kepala
Sampai ke ujung nyawanya
Hanyalah aku yang bergema
Hanyalah aku yang segalanya di atas segalanya
Yang lain.....aaaahhhhhhhh......apalah.....

Selasa, 14 Maret 2017

KEGIATAN TENGAH SEMESTER

Kegiatan di antara sekian banyak kegiatan
Menelusuri jejak-jejak di sekeliling persinggahan
Persinggahan tempat menimba ilmu bekal kehidupan
Hingga di kemudian tiada penyesalan

Senin, 13 Maret 2017

KEJUARAAN LCC 2017

Upacara Pembukaan LCC
       I.            LATAR BELAKANG
Lomba Cerdas Cermat Siswa SD menuntut peserta berkompetensi tidak hanya mampu berpikir
cerdas dan cepat dalam menjawab dan menyelesaikan persoalan serta permasalahan berkaitan dengan aplikasi Matematika, IPA dan Sastra Indonesia, juga menuntut para peserta didik mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis dan membuat keputusan jawaban secara cermat dan teliti melalui kegiatan permainan dan praktik.

Jumat, 10 Maret 2017

MUATAN LOKAL

Pembuatan Jus

Keanekaragaman Multikultur di Indonesia (adat istiadat suku bangsa, tata cara, bahasa, kesenian, kerajinan,
Pengolahan Jus
keterampilan daerah) merupakan ciri khas yang memperkaya nilai-nilai kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karena itu keanekaragaman tersebut harus selalu dilestarikan, dikembangkan, dan dipertahankan melalui upaya pendidikan.

Selasa, 07 Maret 2017

PENILAIAN KINERJA GURU

Penyerahan PKPNS
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan

Penyerahan PKPNS
kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam  ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru.


Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru  yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Minggu, 05 Maret 2017

WISATA LOLONG

Menikmatimu adalah mensyukuri ciptaan Pencipta Alam
Gemericik air
Hamparan keindahan yang kau tawarkan, mengunggah segala kenikmatan yang berserakan
Merdunya nada iramamu,melagukan kerinduan pada syukur Sang Pemegang Keadilan

Tak ada sudut yang ingin terlewatkan, jangankan tersingkirkan

Jumat, 03 Maret 2017

LOMBA CERDAS CERMAT TAHUN 2017

Bermandikan cahaya
I.            LATAR BELAKANG
Lomba Cerdas Cermat Siswa SD menuntut peserta berkompetensi tidak hanya mampu berpikir 
cerdas dan cepat dalam menjawab dan menyelesaikan persoalan serta permasalahan berkaitan dengan aplikasi Matematika, IPA dan Sastra Indonesia, juga menuntut para peserta didik mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis dan membuat keputusan jawaban secara cermat dan teliti melalui kegiatan permainan dan praktik.