IPS Kelas V |
Di era sekarang ini banyak model pembelajaran, banyak media pembelajaran yang sangat mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran. Model pembelajaran dan media pembelajaran itu juga sangat menguntungkan bagi peserta didik, karena kesesuaian model dan media pembelajaran dengan tujuan pembelajaran akan sangat membantu mempermudah peserta didik dalam memahami materi pelajaran.
PKn Kelas VI |
PKn Kelas VI |
Keterbatasan media pembelajaran menjadi hal yang biasa di SD Negeri 01 Gutomo UPT Dindikbud Karanganyar. Oleh karena itu, guru-guru mencari solusi dan terobosan untuk dapat melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan dan memberi kesempatan kepada peserta didik memahami materi pelajaran dengan mudah.
Solusi yang dilakukan oleh SD Negeri 01 Gutomo dalam rangka menyelenggarakan pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami peserta didik adalah dengan membuat alat peraga sendiri, memanfaatkan lingkungan desa dan sekolah menjadi media pembelajaran, dan memanfaatkan dengan baik media yang dimiliki sekolah.
Solusi pembelajaran ini sangat mendukung keberhasilan SD Negeri 01 Gutomo, sehingga walaupun dengan jumlah peserta didik yang hanya 70 peserta didik dalam satu SD, dan dalam kondisi lingkungan di dataran tinggi mampu sedikit merangkak bersaing dengan sekolah di lokasi dataran rendah.
PKn kelas IV |
Ketika SD lain memperoleh bantuan LCD Proyektor beberapa unit tetapi tidak pernah dipakai, maka SDN 01 Gutomo yang belum pernah memperoleh bantuan LCD Proyektor menggunakan monitor untuk pembelajaran.
Selama pelaksanaan pembelajaran menggunakan media ini ternyata disambut meriah oleh peserta didik. Dengan senang hati peserta didik mengikuti pembelajaran yang menggunakan media baru bagi mereka.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar