Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran seta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.Pengelolaan pendidikan yang semula bersifat sentralistik berubah menjadi desentralistik, berdasarkan UURI Nomor 72 tahu 2004 tentang Pemerintah daerah. Desentralisasi pengelolaan pendidikan yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan dan kondisi daerah perlu segera dilaksanakan. Bentuk nyata desentralisasipengelolaan pendidikan adalah diberikannya kewenangan kepada satuan pendidikan untuk mengambil keputusan berkenaan dengan pengelolaan pendidikan, baik dalam penyusunan maupun pelaksanaan kurikulum di satuan pendidikan.
Komponen kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Komponen kurikulum tingkat satuan pendidikan.
- Tujuan Pendidikan Tingkat Satuan Pendidikan.
- Struktur dan Muatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
- Kalender Pendidikan
Sistematika Pembuatan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Landasan
C. Tujuan Pengembangan Kurikulum
D. Prinsip Pengembangan Kurikulum
E. Mekanisme Penyusunan Kurikulum
F. .Prinsip Pelaksanaan Kurikulum
G. Tim Pengembang Kurikulum
H. Pengertian Istilah
BAB II TUJUAN
A. Tujuan Pendidikan Dasar
B. Visi
C. Misi
D. Tujuan Sekolah
BAB II STRUKTUR DAN MUATAN KURIKULUM
A. Struktur Kurikulum
B. Muatan Kurikulum
- Mata Pelajaran
- Muatan Lokal
- Pengembangan Diri
- Pengaturan Beban Belajar
- Ketuntasan Belajar
- Kenaikan Kelas dan Kelulusan
- Pendidikan Kecakapan Hidup
- Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal dan Global
- Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
BAB IVKALENDER PENDIDIKAN
BAB V PENUTUP
sumber:Afandi Muhammad. 2011.Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Bandung:Alfabeta
sumber:Afandi Muhammad. 2011.Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Bandung:Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar