KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Minggu, 29 September 2013

Bahaya Chatting

0ShaBegitu BERBAHAYA-kah CHATTING sehingga terus menerus harus dibahas dan dibagi kisahnya??? Yup! tentu saja, apalagi dengan semakin majunya teknologi akhir-akhir ini dan TIPISnya kadar keimanan manusia yang ada di muka bumi ini. Belum lagi sederet permasalahan sosial yang terjadi akibat “CHATTING“….
Memang benar bahwa dalam hidup ini kita TIDAK BISA hidup sendirian, kita perlu teman untuk bersosialisasi, berdiskusi, berbagi pengalaman, bertukar pikiran dan sebagainya.
Memang semakin banyak teman akan menambah saudara. Tetapi harus diingat, bahwa pergaulan itu ada batasan-batasannya, ada aturan-aturannya. Apalagi sebagai kaum muslim dan muslimah.
Allah swt berfirman,
وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.”(QS. Al Isro’ [17] : 32)
يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al Ahzab [33] : 59)
Allah memerintahkan kaum muslimin untuk menundukkan pandangan ketika melihat lawan jenis. Allah Ta’ala berfirman,
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ
Katakanlah kepada laki - laki yang beriman :”Hendaklah mereka menundukkan pandangannya dan memelihara kemaluannya.” (QS. An Nuur [24] : 30 )
Dalam lanjutan ayat ini, Allah juga berfirman,
وَقُلْ لِلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ
Katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : “Hendaklah mereka menundukkan pandangannya, dan kemaluannya” (QS. An Nuur [24] : 31)
Sudah banyak PERISTIWA PAHIT terjadi yang diakibatkan karena “CHATTING“, mulai dari pertengkaran pasangan sampai kepada perceraian. Benar-benar sangat disayangkan ;)
Ini tidak hanya terjadi pada kaum WANITA tetapi juga kaum PRIA. Banyak sekali pasangan-pasangan suami istri yang mempunyai kegemaran CHATTING. Dan selalu akhirnya terjadi salah paham, dan itu tidak hanya sekedar SALAH PAHAM tetapi memang ada suatu DAMPAK NEGATIVE yang diakibatkan karena CHATTING. Khususnya pada pria dan wanita yang bukan muhrimnya.
Kenapa begitu, karena biasanya CHATTING ini hanyalah sebagai AWAL yang nantinya pasti akan berlanjut kepada suatu PERTEMUAN, dan pastinya akan berakhir kepada sebuah NISTA… *Wallahu a’lam
Contoh: sepasang suami istri yang tadinya sangat rukun dan bahagia, tiba-tiba seringkali terjadi keributan yang diakibatkan karena permasalahan CHATTING. Si suami yang mempunyai hobi CHATTING dengan beberapa teman WANITA yang terkadang tak jelas siapa, dan itu menyebabkan sikap si suami menjadi BERBEDA terhadap istrinya. Menganggap si teman CHATTING sebagai teman curhat lebih pengertian, lebih lembut, lebih seksi, dan lebih lebih lainnya. Hal ini menyebabkan si istri CEMBURU, dan si suami semakin DINGIN terhadap sang istri.
Bisa dipastikan, suasana keluarga menjadi TIDAK NYAMAN, TIDAK TENANG, dan tidak lagi MESRA
JIKA seseorang betul-betul merenungkan kisah di atas, tentu saja dia akan menggali beberapa pelajaran berharga. Itulah diantara BAHAYA CHATTING dengan lawan jenis yang tidak mengenal adab dalam bergaul. Lihatlah akibat chatting dengan lawan jenis, disana bisa terjadi perceraian antara kedua pasangan tersebut disebabkan si  istri memiliki hubungan dengan pria kenalannya di dunia maya. Begitupun sebaliknya.
SELAIN ITU, hendaknya selalu ada pengawasan dari kepala keluarga terhadap anggota keluarganya. Kepala keluarga seharusnya dapat memberikan batasan terhadap pergaulan anggota keluarganya termasuk istrinya, apalagi dalam masalah penggunaan internet. Inilah pelajaran yang HARUS diperhatikan oleh seorang suami sebagai kepala keluarga.
Dalam hal ini, hendaklah kita semua HARUS merasa mendapatkan pengawasan dari Allah swt. Kita harus yakin bahwa Allah swt mengetahui segala yang nampak maupun yang tersembunyi. Karena Allah swt Maha Mengetahui dan Maha Melihat dengan sifat kesempurnaan.
Untuk itulah, dasar KEIMANAN sangatlah penting bagi kita semua. Karena hanya KEIMANAN-lah benteng bagi kita untuk terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah swt. Apapun yang dilarang oleh Allah swt, itu semua karena Dia sayang terhadap umat-Nya.
Semoga kita semua bisa mengambil pelajaran dari kisah ini…
*Salam sejuk dari negeri sakura…
sumber :  http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/01/20/bahaya-chattinghati-hati-lah-teman-57606.html

Tidak ada komentar: