KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Rabu, 30 Desember 2020

 PENDIDIKAN KARAKTER

Pendidikan karkter merupakan sebuah istilah yang semakin hari semakin mendapatkan pengakuan dari masyarakat terutama pada masa pandemi seperti ini. Pembelajaran jarak jauh yang telah dilaksankan semasa pandemi ini menuntut untuk dilaksanakannya pendidikan berbasis karakter di dalamnya. SD Negeri 01 Pododadi melaksanakan pembelajaran jarak jauh dengan pembelajaran berbasis karakter. 


Pembelajaran yang menuntut kerjasama dengan orang tua ini mengharuskan banyak persiapan dan koordinasi yang lancar antara orang tua dengan sekolah. 

Persiapan yang harus dilaksanakan dimulai dari persiapan sekolah, persiapan guru dan tenaga kependidikan, persiapan orang tua, dan persiapan siswa. Persiapan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah antara lain perlengkapan pelaksanaan pencegahan penyebaran covid 19. Pesiapan guru adalah persiapan pembelajaran terkait antara lain materi yang akan disampaikan, media yang akan dipergunakan untuk menyampaikan pembelajaran, dan lain-lain.

Sebelum pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, guru SD Negeri 01 Pododadi membuat video pembelajaran kemudian dikirim melalui whatsapp atau diunggah ke channel youtube. Video yang sudah dikirim melalui whatsapp kemudian dapat dipergunakan oleh orang tua untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah mendampingi anak-anak. Demikian juga video yang diunggah ke channel youtube dapat dipergunakan oleh orang tua untuk putra putrinya belajar dari rumah didampingi orang tua. Video yang diunggah melalui channel youtube  dapat dilihat langsung atau dapat diunduh terlebih dahulu untuk belajar anak-anak di rumah.


Sebagai upaya pelaksanaan pembelajaran jarak jauh kerjasama dengan orang tua, SD Negeri 01 Pododadi melaksanakan sosialisasi terhadap guru, komite sekolah, dan orang tua sehingga menjadi satu kesepahaman dengan harapan tujuan pelaksanaan program ini dapat tercapai dengan baik. Pelaksanaan sosialisasi ini mengundang komite sekolah dan orang tua dengan menerapkan protokol kesehatan.

Pembelajaran masa covid 19 yang dilaksanakan jarak jauh mengharuskan adanya kerjasama dengan orang tua. Wujud kerjasama ini harus dioptimalisasikan sehingga diharapkan hasil dari pelaksanaan pembelajaran ini pun menjadi maksimal. 

Selain sosialisasi terkait pembelajaran jarak jauh kerjasama dengan orang tua, dilaksanakan juga sosialisasi terkait media yang akan digunakan selama pembelajaran jarak jauh. Sosialisasi tentang media ini antara lain tentang penggunaan video pembelajaran, penggunaan google meet, dan penggunaan video call bersama. Media ini tidak hanya digunakan untuk pelaksanaan pembelajaran jarak jauh saja, akan tetapi dipergunakan juga sebagai sarana konsultasi, koordinasi dan diskusi antara orang tua dan pihak sekolah, dalam hal ini baik dengan guru maupun kepala sekolah. 

Sesuai dengan tujuan dilaksanakan pembelajaran karakter, SD Negeri 01 Pododadi menyelipkan nilai-nilai karakter dalam materi pembelajaran baik yang menggunakan video maupun melalui google meet. Selain itu, setiap hari orang tua melaporkan karakter baik yang telah dilaksanakan oleh anak-anak melalui link yang disediakan oleh sekolah untuk masing-masing kelas. Pembiasaan baik yang dikirim oelh orang tua melalui link tersebut akan masuk ke drive guru juga akan langsung masuk ke drive kepala sekolah, sehingga baik guru (kelas) maupun kepala sekolah dapat memantau perkembangan pelaksanaan pembiasaan baik dari masing-masing siswa.

Hasil dari pemantauan pelaksanaan pembiasaan baik tersebut kemudian dianalisis perkembangannya oleh guru dan kepala sekolah, kemudian disampaikan kepada orang tua untuk ditindaklanjuti.

Pelaksanaan program kerjasama dengan orang tua ini dipresentasikan pada In Service Learning Diklat Manajemen Kerjasama Sekolah dan Orang Tua bagi Kepala Sekolah Dasar di Hotel Sahid Jaya Solo pada tanggal 12 sampai dengan 15 Desember 2020.


Tidak ada komentar: