KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Senin, 14 November 2011

Kegiatan dalam PLPG

     PLPG melalui BLOK maupun NON BLOK dilaksanakan. Bagi peserta yang akan berangkat mengikuti PLPG ada segudang rasa was-was yang menyelimuti. Bagaimana nanti di sana, apa yang akan saya alami, dan lebih berbahaya lagi kalau ada pemikiran "apakah saya bisa?"
     Dari pertanyaan seperti itu muncul bahwa diri adalah orang yang tidak bisa melakukan apa-apa, muncul rasa takut, jikalau-jikalau...rasa minder dan rendah diri, sehingga galau. Al hasil, terjadilah hal-hal yang tidak diinginkan, seperti sakit, stres, dan sebagainya. Sebenarnya hal tersebut tidak terjadi seandainya peserta memahami apa sebenarnya yang akan dilakukan dan dialami dalam PLPG nanti.
     PLPG adalah sarana pendidikan dan latihan profesi guru. Sehingga dalam pelaksanaannya berupa pelatihan-pelatihan yang diterima dalam rangka meningkatkan profesinya.  Apa yang harus  dilakukan sebagai seorang guru yang akan melaksanakan pembelajaran di dalam kelasnya? Tugas-tugas sebagai seorang guru tersebut-lah yang akan digeluti dalam kegiatan PLPG.
      Tugas sebagai guru dimulai dari membuat perencanaan, merancang tujuan pembelajaran yang akan dicapai, merancang skenario pembelajaran yang mendukung pencapaian tujuan, meracang model pembelajaran yang tepat, merancang media yang dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran yang mempermudah siswa memahami materi.
     Dalam membuat rancangan pembelajaran tersebut peserta mendapat bimbingan dari instruktur. Sehingga peserta berhasil membuat rancangan pembelajaran yang tepat. Tepat sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan, memilih sumber bahan, model, media pembelajaran yang tepat, yang mendukung pencapaian tujuan pembelajaran.
     Bimbingan akan diterima juga pada saat peserta melaksanakan pembelajaran atau peer teaching. Bimbingan tersebut akan mengubah pola mengajar peserta ke arah yang bagus.Bimbingan tersebut juga mampu membuka dan memberi pengalaman yang tidak dapat dilupakan dalam meningkatkan peserta sebagai seorang pelaku pembelajaran.
     Peserta PLPG juga mendapat pengalaman berharga berupa bimbingan membuat Proposal PTK. Di bawah bimbingan dan arahan seorang instruktur yang berpengalaman, langkah demi langkah cara membuat proposal PTK diterima oleh peserta PLPG. Pengalaman tersebut sangat bermanfaat bagi peserta dalam meningkatkan profesinya.
     Hal tersebut yang diterima dan dilaksanakan dalam PLPG. Sehingga bagi peserta yang akan berangkat mengikuti PLPG, buanglah jauh-jauh rasa was-was, karena PLPG adalah sarana pendidikan dan latihan sesuai profesi peserta sebagai seorang guru. Selamat mengikuti PLPG.

Tidak ada komentar: