KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Minggu, 09 Desember 2012

MEMASAK NASI GORENG


Menanak nasi
Menggoreng kerupuk
    Ujian Akhir Semester I tahun ajaran 2012/2013 telah berakhir. Ujian Akhir Semester tersebut berlangsung dengan lancar. Pada akhir pelaksanaan UAS peserta didik mengikuti UAS tata boga. Tata boga adalah Mulok SD Negeri 03 Pododadi yang dipilih sekolah dalam rangka meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenal masakan daerah sekitar, baik yang bekenaan dengan nama makanan, jenis makanan, nama bahan makanan, cara memasak, cara penyajian dan juga cara mengembangkan jenis makanan dengan menggunakan bahan makanan yang ada di daerah sekitar terutama di Desa Pododadi.
Kelompok putri menggorng
      SD Negeri 03 Pododadi adalah sebuah SD yang berada di desa, sehingga berbagai jenis tumbuhan yang dapat diolah sebagai bahan makanan tersedia di desa ini. Oleh karena itu peran SD sangatlah penting dalam upaya mengenalkan dan memberi kesempatan peserta didik untuk mengembangkan kemampuan dirinya sesuai daerah sekitarnya. Memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mengenal daerah sekitarnya.
     Berdasarkan keadaan tersebut maka SD Negeri 03 Pododadi memilih Tata Boga sebagai Muatan lokalnya. Dengan harapan semoga peserta didik dapat mengenal lingkungan sekitar dan dapat memanfaatkan, mengembangkan daerahnya ke tingkat yang lebih maju dan lebih dikenal orang khususnya dengan mengenakan jenis makanan.
Nasi goreng siap saji
     Pada hari Sabtu, 8 Desember 2012 dilaksanakan UAS Tata Boga kelas V memasak nasi goreng. Baru mendengar namanya saja peserta didik sudah bersorak gembira.Setelah mempersiapkan bahan makanan yang diperlukan maka mulailah kesibukan nampak di dua kelompok kerja tersebut. Masing-masing mempersiapkan bahan makanan yang akan diolah dengan membuat bumbu, mengiris bawang merah, menggoreng kerupuk dan lain sebagainya.
Manyantap nasi goreng
     Keriuhan peserta didik dalam memasak tersebut ternyata tidak membuat lelah, akan tetapi nampak kegembiraan tepancar sampai masakan siap disajikan.
Selamat kepada peserta didik kelas V SD Negeri 03 Pododadi yang telah menyelesaikan UAS Tata Boga dengan baik. Menurut Penilaian guru-guru sebagai tim penilai, masakan mereka sedap dan tak kalah dengan nasi goreng di pasaran.

Tidak ada komentar: