KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Kamis, 07 April 2011

Abstrak

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SD
TENTANG SIFAT-SIFAT CAHAYA MELALUI MEDIA KIT IPA


Mustinah, S.Pd.SD
Guru SDN 03 Pododadi
Jl. Raya Karanganyar – Doro Km 02 Pekalongan


ABSTRAK

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Metode Demonstrasi Sederhana untuk Meningkatkan Aktivitas, Partisipasi, dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Mendeskripsikan sifat-sifat Cahaya di kelas V. Semester II Sekolah Dasar Negeri 03 Pododadi UPT Pendidikan Karanganyar Kabupaten Pekalongan”. Adapun yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah, Apakah penggunaan metode demonstrasi sederhana dalam pembelajaran mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran? Apakah penggunaan metode demonstrasi sederhana dapat meningkatkan aktifitas dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran?
Dari rumusan masalah tersebut di atas, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi sederhana dalam pembelajaran mendeskripsikan sifat-sifat cahaya terhadap kemudahan siswa dalam memahami materi. Menganalisis dampak penggunaan metode demonstrasi sederhana terhadap peningkatan aktifitas siswa dalam pembelajaran dan peningkatan prestasi belajar siswa materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya.
Penelitian ini dilakukan melalui proses pengkajian bersiklus, yang dilakukan dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dari analisis data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa, penggunaan metode demonstrasi sederhana pada materi mendeskripsikan sifat-sifat cahaya dapat membantu siswa memahami materi pembelajaran. Penggunaan metode demonstrasi sederhana memberi kesempatan siswa memperoleh pengalaman langsung menerima konsep sifat-sifat cahaya. Hal ini sangat bermanfaat dalam peningkatan pemahaman dan prestasi belajar siswa. Dengan penggunaan metode demonstrasi sederhana siswa semakin termotivasi untuk mengikuti pembelajaran. Hal ini terbukti adanya korelasi yang positif dari metode demonstrasi sederhana dengan keaktifan siswa dan dengan prestasi belajar siswa. Penggunaan metode demosntrasi sederhana dapat memotivasi siswa aktif mengikuti pembelajaran, yang pada akhirnya siswa memahami materi pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa meningkat.


Kata kunci : aktifitas, demonstrasi, korelasi, prestasi, telepon,

Tidak ada komentar: