KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Selasa, 05 April 2011

RPP

RENCANA PEMBELAJARAN 1

Tema                            : Rekreasi
Kelas / Semester          : II / 1
Waktu                          : 20 jam pelajaran @ 35 menit. (6 pertemuan)

I.KOMPETENSI DASAR.
PKn.
  • Mengenal pentingnya alam seperti dunia hewan dan dunia tumbuhan.
Bahasa Indonesia.
  • Menyebutkan kembali dengan kata-kata atau kalimat sendiri isi teks pendek (Mendengarkan).
  • Bertanya kepada orang lain dengan menggunakan pilihan kata yang tepat dan santun berbahasa (Berbicara).
  • Menyimpulkan isi teks pendek (10-15) kalimat yang dibaca dengan membaca lancar. ( Membaca).
  •  Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan memperhatikan penggunaan huruf kapital dan tanda titik. ( Menulis).
Matematika.
  • Menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam.
IPA.
  • Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan.
IPS.
  • Memanfaatkan dokumen dan benda penting keluarga sebagi sumber cerita.
SBK.
  • Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsure rupa pada karya seni rupa. (Seni rupa).
  • Mengekspresikan diri melalui gambar ekpresif. (Seni rupa).

II. INDIKATOR.
PKn.
  • Menjelaskan manfaat pentingnya tumbuhan dalam kehidupan.
Bahasa Indonesia.
  • Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang didengarkan.
  • Menggunakan kalimat Tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal dengan pilihan kata yang tepat.
  • Membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
  • Menulis kalimat sederhana yang didektekan guru 
Matematika.
  • Membaca dan menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam.
  • Menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam.
IPA.
  • Menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian tubuh hewan.
  • Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang) dan sirip.
IPS.
  • Menceritakan peristiwa yang berkesan melalui dokumen keluarga.
SBK.
  • Mengungkapkan ketertarikan pada objek yang diamati dari berbagai unsur rupa pada benda di alam sekitar.
  • Membuat gambar ekspresi berbagai tema imajinatif melalui unsur-unsur rupa dan perpaduannya dari alam sekitar.

III. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN.
  1. Hari Senin ( 3 jam pelajaran )
Siswa dibariskan di halaman sekolah untuk mengikuti upacara bendera.
A.  Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
  1. Kegiatan Inti.
·        Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran IPA.
·        Siswa diminta menyebutkan bagian-bagian tubuh hewan.
·        Siswa melakukan pengamatan cara hewan bergerak.
·        Siswa menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan.
  1. Kegiatan Akhir.
·         Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
·         Repleksi.
·         Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.

  1. Hari Selasa ( 3 jam pelajaran)
A.     Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
B.Kegiatan Inti.
·        Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran IPS.
·        Siswa diminta mempersiapkan dokumen keluarga yang sudah dibawa dari rumah.
·        Siswa menceritakan peristiwa yang telah didokumentasikan tersebut.
·        Guru membimbing siswa untuk memasuki pelajaran SBK.
·        Siswa dibimbing mengekspresikan objek yang diamati dalam bentuk gambar.
C.Kegiatan Akhir.
·         Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
·         Repleksi.
·         Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.
  1. Hari Rabu ( 5 jam pelajaran )
A. Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
  1. Kegiatan Inti.
·        Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran matematika.
·        Siswa dibimbing membaca jam di dinding dan alat peraga.
·        Siswa dibimbing untuk menentukan tanda waktu yang ditunjukkan jarum jam alat peraga.
·        Siswa dibimbing untuk memasuki pelajaran PKn.
·        Tanya jawab tentang jenis-jenis tumbuhan yang bermanfaat.
·        Siswa menyebutkan manfaat pentingnya tumbuhan dalam kehidupan.
  1. Kegiatan Akhir.
a.       Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
b.       Repleksi.
c.       Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.
  1. Hari Kamis (5 jam pelajaran)
A.  Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
  1. Kegiatan Inti.
A.     Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran Bahasa indonesia.
B.     Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi cerita yang  didengarkan.
C.     Siswa menggunakan kalimat tanya untuk menanyakan sesuatu kepada orang yang belum dikenal.
D.     Guru membimbing siswa untuk memasuki pelajaran matematika.
E.      Siswa menuliskan tanda waktu yang ditunjukkan oleh jarum jam.
  1. Kegiatan Akhir.
a.       Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
b.       Repleksi.
c.       Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.
  1. Hari Jumat ( 2 jam pelajaran)
A.  Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
  1. Kegiatan Inti.
a.       Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran Bahasa Indonesia.
b.      Siswa atas bimbingan guru membaca teks cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.
c.       Siswa menulis kalimat sederhana yang didektekan guru dengan tepat, rapi dan mudah dibaca.
d.      Sebagai akhir pelajaran , guru menutup pelajaran Bahasa Indonesia.
  1. Kegiatan Akhir.
a.       Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
b.       Repleksi.
c.       Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.
  1. Hari Sabtu  ( 2 jam pelajaran )
A.  Kegiatan Awal.
·        Berdoa bersama diteruskan dengan mengabsen kehadiran siswa.
·        Mengajak siswa untuk mengawali pelajaran.
·        Bertanya jawab tentang kehidupan siswa di rumah.
  1. Kegiatan Inti.
a.       Guru memulai pelajaran di dalam kelas dengan pelajaran SBK.
b.      Dengan bimbingan guru siswa menggambar ekspresi berbagai tema imajinatif melalui unsur-unsur rupa dan perpaduannya dengan alam
c.       Sebagai akhir pelajaran, guru menutup pelajaran SBK.
  1. Kegiatan Akhir.
a.       Memberi penguat dan motivasi terhadap siswa tentang materi yang baru  
       dipelajari.
b.       Repleksi.
c.       Doa bersama untuk mengakhiri kegiatan.

IV. SUMBER DAN MEDIA

Sumber : KTSP, Buku Terpadu 2 a, Buku Matematika kelas 2, Buku Bahasa Indonesia kelas 2, buku IPA kelas 2, Buku PKn kelas 2, Buku IPS kelas 2.
Media   : Gambar-gambar dan lingkungan sekitar.

V. EVALUASI.
    1. Penilaian dalam Proses.
Mengamati aktifits siswa dalam pembelajaran.
    1. Penilaian Hasil Belajar.


Tidak ada komentar: