KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Kamis, 07 April 2011

Abstrak

PEMANFAATAN LINGKUNGAN 
DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
oleh
Mustinah, S.Pd.SD
Guru SD Negeri 03 Pododadi, Kec. Karanganyar, Kab. Pekalongan

Pendidikan membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh banyak pihak dan banyak hal. Pihak keluarga, masyarakat, pemerintah, juga tenaga kependidikan. Keberhasilan pembelajaran di sekolah juga sangat tergantung pada pelaksana pembelajaran, sarana dan prasarana, pemilihan metode yang tepat dan bervariasi. Dengan perencanaan yang tepat dan sesuai (sesuai untuk menunjang tujuan pembelajaran) maka telah mendukung keberhasilan pembelajaran.

Salah satu pendukung keberhasilan pembelajaran adalah penggunaan sarana dan prasarana yang tepat, yang mampu membantu mempermudah siswa dalam memahami konsep sehingga tujuan dapat berhasil dengan baik. 

IPA adalah salah satu bidang ilmu tentang alam. Keadaan alam sekitar sangatlah relevan untuk dijadikan media pembelajaran. Dengan penggunaan alam sekitar sebagai media pembelajaran maka ada beberapa keuntungan yang diperoleh siswa yaitu : (1) siswa dapat melihat secara kongkrit benda yang dipelajari sehingga terhindar dari verbalisme; (2) siswa belajar sambil refresing sehingga terhindar dari rasa jenuh, lingkungan alam dan udara segar sangat membantu siswa melepaskan kejenuhan selama di dalam kelas; (3) semakin mendekatkan siswa dengan alam sekitar, mengenal alam sekitar, menyayangi alam, dan memanfaatkan alam dengan ramah; (4) menumbuhkan rasa sosial sesama makhluk hidup, karena di kehidupan nyata ternyata masih banyak makhluk Tuhan yang lain yang sama-sama berkembang dan saling membutuhkan.

Penggunaan alam sekitar dalam proses pembelajaran juga dapat menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan. Bila dalam proses pembelajaran siswa sudah merasa senang hal ini merupakan motivasi yang sangat berharga, yang mampu mendorong semangat siswa untuk senang belajar sehingga tujuan pembelajaran dapat berhasil seperti yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran.
kata kunci : refresing, alam, pembelajaran, menyenangkan

Tidak ada komentar: