Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui peningkatan minat dan
prestasi belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe make a match materi
tokoh sejarah masa Hindu-Budha dan Islam di kelas V SD Negeri 03 Pododadi.
Penelitian dilaksanakan di kelas V SD
Negeri 03 Pododadi dengan jumlah 20 siswa, dengan hasil pembelajaran IPS kurang
berminat dan prestasi belajar rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan yang dilaksanakan dalam 3 x 35 menit, setiap
pertemuan terdiri atas 4 tahap kegiatan yaitu : (1) perencanaan, (2)
pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) Refleksi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Make a Match meningkatkan minat dan
prestasi belajar siswa. Peningkatan rata-rata minat belajar pada siklus I 3,11 dengan kriteria cukup berminat dan siklus II 4,31 dengan kriteria sangat berminat. Sedangkan prestasi belajar, mencapai
persentase ketuntasan sebesar 95% % pada siklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II, dengan demikian dikatakan indikator penelitian tercapai
karena lebih dari 85 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Make a Match dapat meningkatkan minat
dan prestasi belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 03 Pododadi tahun 2013/2014.
Kata kunci: kooperatif,
make a match, minat, prestasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar