PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG PENCERNAAN PADA MANUSIA MAPEL
IPA
SD NEGERI 03 PODODADI
TAHUN 2010/2011
LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Oleh
MUSTINAH,
S.Pd.SD
NIP 19690821 199703 2 002
Guru SD Negeri 03 Pododadi UPT Pendidikan Karanganyar
Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah
PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PEKALONGAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PODODADI
2010
LEMBAR PENGESAHAN
Yang bertanda
tangan di bawah ini:
Nama : Mustinah, S.Pd.SD
NIP :
19690821 199703 2 002
Instansi : SD Negeri 03 Pododadi
Pangkat/Gol : Penata, III/c
Telah melakukan penelitian dengan Judul: Penggunaan media Power
Point untuk Meningkatkan Aktifitas, dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA
tentang pecernaan pada manusia di Kelas V SD Negeri 03 Pododadi UPT Pendidikan
Karanganyar, Kabupaten Pekalongan Tahun 2010/2011.
Pekalongan, Desember
2010
Peneliti
Mustinah,
S.Pd.SD
Disyahkan oleh:
Kepala Sekolah Ketua KKG BERMUTU
SD N 03 Pododadi Among
Siswo
Kusnaryo Duhri, A.Ma.Pd
NIP. 19540501 197512 1 001
NIP 19540304 197402 1 001
KATA
PENGANTAR
Segala puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT, yang selalu melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya
kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan Pembelajaran melalui
Penelitian Tindakan Kelas ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis menyusun Laporan Penelitian Tindakan
Kelas ini dalam rangka kegiatan pengembangan profesi
guru. Dalam penyusunan laporan ini
penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis
mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1. Bapak Duhri, A.Ma.Pd, selaku Ketua KKG Bermutu Among Siswo
2. Bapak Kusnaryo,
selaku kepala SD Negeri 03 Pododadi, Karanganyar
3. Drs Suhardjo, selaku pengamat.
4. Guru Pemandu dan segenap pengurus KKG Bermutu Among Siswo
5. Rekan-rekan guru peserta KKG Among Siswo SD Inti Pododadi Karanganyar
Laporan Penelitian Tindakan Kelas
(PTK) ini dibuat dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam untuk membantu kelas
V SD Negeri 03 Pododadi, Karanganyar dalam rangka
meningkatkan prestasi belajarnya dalam materi pencernaan
pada manusia.
Penulis menyadari bahwa dalam
pembuatan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini, banyak kekurangan dan jauh
dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran demi
kesempurnaan laporan ini.
Pekalongan, Desember 2010
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN
......................................................................... ii
KATA PENGANTAR
............................................................................... iii
DAFTAR ISI
.............................................................................................. iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .............................................. 1
B. Identifikasi Masalah
...................................................... 4
C. Pembatasan Masalah ……………………………… 4
D. Rumusan Masalah …………………………………. 5
E. Tujuan Penelitian
........................................................... 5
F. Manfaat Penelitian ........................................................ 6
BAB II KAJIAN
PUSTAKA
A.
Teori Belajar ……………………………………..… 7
B.
Pembelajaran IPA………………………………….. 8
C.
Tujuan Pembelajaran IPA di SD
………………….. 10
D.
Pendekatan Pembelajaran
IPA……………………. 11
E.
Media Pembelajaran IPA
…………………………. 12
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitian
.......................................................... 13
B. Subyek dan Obyek Penelitian ……………………... 15
C. Sumber Data………………………………………… 15
D. Teknik Pengumpulan Data ………………………… 16
E. Analisis Data ……………………………………….. 16
F. Indikator Kinerja ………………………………….. 17
G. Prosedur Tindakan..
...................................................... 17
BAB IV PEMBAHASAN DAN HASIL
PENELITIAN
A. Deskripsi Kondisi Awal................................................. 23
B. Deskripsi Siklus I........................................................... 25
C. Deskripsi Siklus II …………………………………… 31
D. Pembahasan ……………………………………….. 37
E. Hasil Tindakan …………………………………….. 39
BAB V SIMPULAN
DAN SARAN
A. Simpulan
....................................................................... 41
B. Saran
............................................................................. 41
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar