KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Jumat, 26 Juni 2015

PENELITIAN TINDAKAN KELAS











PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TENTANG PENCERNAAN PADA MANUSIA MAPEL IPA
SD NEGERI 03 PODODADI
TAHUN 2010/2011



LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS



Oleh
MUSTINAH, S.Pd.SD
NIP 19690821 199703 2 002
Guru SD Negeri 03 Pododadi UPT Pendidikan Karanganyar
Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah




PEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN PEKALONGAN
SEKOLAH DASAR NEGERI 03 PODODADI
2010
LEMBAR PENGESAHAN


Yang bertanda tangan di bawah ini:

            Nama               : Mustinah, S.Pd.SD

            NIP                 : 19690821 199703 2 002
            Instansi            : SD Negeri 03 Pododadi
            Pangkat/Gol    : Penata, III/c

Telah melakukan penelitian dengan Judul: Penggunaan media Power Point untuk Meningkatkan Aktifitas, dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA tentang pecernaan pada manusia di Kelas V SD Negeri 03 Pododadi UPT Pendidikan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan Tahun 2010/2011.


                                                                        Pekalongan,  Desember  2010
                                                                        Peneliti


                                                                        Mustinah, S.Pd.SD

Disyahkan oleh:
Kepala Sekolah                                                Ketua KKG BERMUTU
SD N 03 Pododadi                                         Among Siswo
                                                                                           


Kusnaryo                                                    Duhri, A.Ma.Pd
NIP. 19540501 197512 1 001                                 NIP 19540304 197402 1 001

KATA PENGANTAR

Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang selalu melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas ini sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
Penulis menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas ini dalam rangka kegiatan pengembangan profesi guru. Dalam penyusunan laporan ini penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
1.      Bapak Duhri, A.Ma.Pd, selaku Ketua KKG Bermutu Among Siswo
2.      Bapak Kusnaryo,  selaku kepala SD Negeri 03 Pododadi, Karanganyar
3.      Drs Suhardjo,  selaku pengamat.
4.      Guru Pemandu dan segenap pengurus KKG Bermutu Among Siswo
5.      Rekan-rekan guru peserta KKG Among Siswo SD Inti Pododadi Karanganyar
Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dibuat dalam bidang studi Ilmu Pengetahuan Alam untuk membantu kelas V SD Negeri 03 Pododadi, Karanganyar dalam  rangka meningkatkan prestasi belajarnya dalam materi pencernaan pada manusia.  
Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan laporan Penelitian Tindakan Kelas ini, banyak kekurangan dan jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik serta saran demi kesempurnaan laporan ini.


Pekalongan,  Desember 2010
Penulis





DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ................................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN ......................................................................... ii
KATA PENGANTAR ...............................................................................   iii
DAFTAR ISI ..............................................................................................   iv
BAB I             PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah ..............................................     1
B.    Identifikasi Masalah ......................................................   4
C.    Pembatasan Masalah ………………………………         4
D.   Rumusan Masalah ………………………………….        5
E.    Tujuan Penelitian ...........................................................   5
F.     Manfaat Penelitian ........................................................    6
BAB II                        KAJIAN PUSTAKA
A.    Teori Belajar ……………………………………..…       7
B.     Pembelajaran IPA…………………………………..       8
C.     Tujuan Pembelajaran IPA di SD …………………..        10
D.    Pendekatan Pembelajaran IPA…………………….        11
E.     Media Pembelajaran IPA ………………………….        12
BAB III          METODOLOGI PENELITIAN
A.   Setting Penelitian ..........................................................    13
B.    Subyek dan Obyek Penelitian ……………………...       15
C.    Sumber Data…………………………………………      15
D.   Teknik Pengumpulan Data …………………………       16
E.    Analisis Data ………………………………………..      16
F.     Indikator Kinerja …………………………………..        17
G.   Prosedur Tindakan.. ......................................................    17
BAB IV          PEMBAHASAN DAN HASIL PENELITIAN
A.   Deskripsi Kondisi Awal.................................................   23       
B.    Deskripsi Siklus I...........................................................    25
C.    Deskripsi Siklus II ……………………………………    31
D.   Pembahasan ………………………………………..        37
E.    Hasil Tindakan ……………………………………..        39
BAB V            SIMPULAN DAN SARAN
A.   Simpulan .......................................................................    41
B.    Saran .............................................................................    41
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN






















Tidak ada komentar: