KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Senin, 20 Juni 2011

Power point

Rekan guru yang terhormat, dalam membantu mempermudah siswa memperoleh konsep pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan alat peraga. Banyak alat peraga yang dapat dipergunakan guru, baik alat peraga yang diperoleh dengan cara membeli, memanfaatkan lingkungan, atau bahkan membuat sendiri walaupun bersifat sederhana, yang penting dapat membantu mempermudah siswa menyerap konsep ilmu pengetahuan.

Lingkungan yang dapat dipergunakan guru untuk pembelajaran adalah lingkungan sekolah, lingkungan desa dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pandai-pandailah seorang guru membuat skenario pembelajaran sehingga efektif dan efisien pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran tersebut.

Salah satu hal yang masih dipertanyakan, bagaimana cara pembelajaran sejarah ?? Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang sudah terlewatkan 10 atau bahkan 100 tahun yang lalu. Bagaimana cara pembelajarannya? Sepertinya mata pelajaran yang penuh hafalan ini sulit untuk dimengerti siswa. Ada beberapa cara untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya sejarah sehingga siswa mudah memahami materi.
  1. melaksanakan kunjungan/darmawisata ke tempat bersejarah yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan ini otomatis membutuhkan dana yang lebih mahal, jarak, dan waktu yang lebih lama. Karena biasanya tempat bersejarah jauh dari lokasi sekolah.
  2. pemutaran video tentang sejarah yang sesuai tujuan pembelajaran.
  3. memanggil narasumber.
  4. menggunakan power point.
Penggunaan power point membutuhkan waktu untuk belajar mengoperasikan komputer dan membuat power point. Bagi bapak dan ibu guru yang sudah aktif dalam KKG Bermutu tentunya sudah sedikit banyak mengetahui cara mengoperasikan komputer, karena dalam kegiatan KKG Bermutu ada materi ICT. Kebangkahlah pengetahuan yang sudah diperoleh dalam KKG Bermutu tersebut sehingga dapat membuat power point. Kunci dalam belajar komputer adalah ketekunan, kemauan, dan tidak malu bertanya kepada yang lebih dahulu tahu tentang komputer. Kata pepatah 'malu bertanya sesat di jalan', kalau dalam latihan komputer 'malu bertanya lama untuk bisa'.

Gambar dan foto-foto tentang sejarah yang akan ditampilkan dalam power point dapat diperolah dari buku pelajaran atau download lewat internet.Tampilan foto atau gambar tentang sejarah disertai penjelasannya secara urut akan membantu mempermudah siswa memahami materi pelajaran.

Tidak ada komentar: