Rekan guru yang terhormat, dalam membantu mempermudah siswa memperoleh konsep pembelajaran salah satunya adalah dengan menggunakan alat peraga. Banyak alat peraga yang dapat dipergunakan guru, baik alat peraga yang diperoleh dengan cara membeli, memanfaatkan lingkungan, atau bahkan membuat sendiri walaupun bersifat sederhana, yang penting dapat membantu mempermudah siswa menyerap konsep ilmu pengetahuan.
Lingkungan yang dapat dipergunakan guru untuk pembelajaran adalah lingkungan sekolah, lingkungan desa dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pandai-pandailah seorang guru membuat skenario pembelajaran sehingga efektif dan efisien pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran tersebut.
Salah satu hal yang masih dipertanyakan, bagaimana cara pembelajaran sejarah ?? Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang sudah terlewatkan 10 atau bahkan 100 tahun yang lalu. Bagaimana cara pembelajarannya? Sepertinya mata pelajaran yang penuh hafalan ini sulit untuk dimengerti siswa. Ada beberapa cara untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya sejarah sehingga siswa mudah memahami materi.
Gambar dan foto-foto tentang sejarah yang akan ditampilkan dalam power point dapat diperolah dari buku pelajaran atau download lewat internet.Tampilan foto atau gambar tentang sejarah disertai penjelasannya secara urut akan membantu mempermudah siswa memahami materi pelajaran.
Lingkungan yang dapat dipergunakan guru untuk pembelajaran adalah lingkungan sekolah, lingkungan desa dan lingkungan sekitar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pandai-pandailah seorang guru membuat skenario pembelajaran sehingga efektif dan efisien pemanfaatan lingkungan dalam pembelajaran tersebut.
Salah satu hal yang masih dipertanyakan, bagaimana cara pembelajaran sejarah ?? Sejarah adalah peristiwa masa lalu yang sudah terlewatkan 10 atau bahkan 100 tahun yang lalu. Bagaimana cara pembelajarannya? Sepertinya mata pelajaran yang penuh hafalan ini sulit untuk dimengerti siswa. Ada beberapa cara untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial khususnya sejarah sehingga siswa mudah memahami materi.
- melaksanakan kunjungan/darmawisata ke tempat bersejarah yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan ini otomatis membutuhkan dana yang lebih mahal, jarak, dan waktu yang lebih lama. Karena biasanya tempat bersejarah jauh dari lokasi sekolah.
- pemutaran video tentang sejarah yang sesuai tujuan pembelajaran.
- memanggil narasumber.
- menggunakan power point.
Gambar dan foto-foto tentang sejarah yang akan ditampilkan dalam power point dapat diperolah dari buku pelajaran atau download lewat internet.Tampilan foto atau gambar tentang sejarah disertai penjelasannya secara urut akan membantu mempermudah siswa memahami materi pelajaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar