KEBAHAGIAAN ADALAH DARI NURANI YANG IKHLAS MENJALANKAN TUGAS PENCIPTA DIRI DAN ALAM RAYA INI

Selasa, 14 Juni 2011

'Virus M'

Mengajar adalah tugas yang diemban sebagai guru. Tugas tersebut dilaksanakan dengan penuh rasa tanggung jawab, sehingga berbagai upaya dilaksanakan untuk memperoleh hasil yang maksimal, misalnya hasil belajar siswa yang sesuai tujuan pembelajaran. Demi melaksanakan tugas seorang guru sibuk mencari, membeli atau bahkan membuat alat peraga. Bahkan banyak guru yang meluangkan waktu untuk belajar komputer, internet demi peningkatan diri sehingga mudah untuk membuat alat peraga (menggunakan power point). Demi melaksanakan tugas juga seorang guru sibuk mencari materi dan sumber belajar yang mampu mendukung mempermudah siswa dalam mencapai tujuan.Materi tersebut dapat dicari melalui perpustakaan, membeli di toko buku, atau mencari melalui internet. Perjuangan tersebut didorong oleh rasa tanggung jawab sebagai pendidik, sebagai abdi negara.

Namun, di tengah-tengah kesibukan, seorang guru juga manusia. Jika melihat ada rekan kerja yang berangkatnya seperti gigi 'nenek ompong', pastilah lama-kelamaan kodrati manusianya muncul. Kenapa dia bisa melakukan hal tersebut? Kenapa dia bisa ngantor 'seenaknya' sendiri? Dia sama telah makan gaji dari negara, bahkan gajinya hampir sama denganku yang masa kerjanya jauuh lebih banyak.Lalu kenapa dia bisa melakukan itu aku tidak?!

Satu penyakit menular yang seharusnya diberantas dari akar-akarnya. Banyak guru yang ingin melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab. Tanggung jawab kepada Allah SWT Penguasa kehidupan ini, dan tanggung jawab kepada negara, terlebih 'malu' terhadap gaji yang sudah diterima.
Bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut agar tidak menular kepada guru lain yang betul-betul ingin bertanggung jawab? Silakan dijawab dengan tindakan oleh yang berwenang dalam masalah ini. Yang penting kasihanilah guru-guru yang masih sehat, jangan sampai kena 'virus M' virus malas.Harapan kami tolong ambil tindakan terhadap mereka penyebar 'virus M'. Pendidikan ini tanggung jawab guru, peningkatan mutu pendidikan diupayakan melalui berbagai hal, berbagai jalan, lalu kalau ada penyebar 'virus M'?

Tidak ada komentar: